2012/10/06

Woman in Proverb 31 (Part 1)


"A capable, intelligent and virtuous woman-who is he who can find her? She is far more precious than jewel and her value is far above rubies or pearls." -Prov 31:10 AMPLIFIED BIBLE
"Seorang wanita yang cakap, pandai (berpendidikan) dan memiliki karakter ilahi-siapa ia yang dapat menemukannya? Ia jauh lebih berharga daripada batu permata dan nilainya jauh di atas batu delima atau mutiara."


Jika di dalam Alkitab bahasa Indonesia kita menemukan kata "cakap"--dalam versi Amplified Bible, wanita dalam Amsal 31 ini dijelaskan dalam 3 kriteria, yaitu capable, intelligent dan virtuous.

1. Capable
- Having the ability, fitness, or quality necessary to do or achieve a specified thing = memiliki kemampuan atau kualitas yang diperlukan untuk melakukan atau mencapai suatu hal tertentu
- Able to achieve efficiently whatever one has to do; competent = mampu untuk mencapai sesuatu dengan efisien apapun yang dilakukannya, kompeten

Seorang wanita yang mampu mengerjakan segala sesuatu yang menjadi bagiannya dengan baik.

2. Intelligent
Having or showing intelligence, esp. of a high level = memiliki atau menunjukkan intelligence yang tinggi, terutama dalam level yang sulit 
Intelligence memiliki arti "The ability to acquire and apply knowledge and skills = kemampuan untuk menggunakan atau menerapakan pengetahuan dan skill dengan baik"

Seorang wanita yang selain memiliki kemampuan atau skill yang baik, ia juga adalah seorang wanita yang pandai, memiliki pengetahuan yang luas dan berpendidikan.

Namun akhirnya, aku menemukan mengapa "Virtuous" ditulis terakhir, sebagai penjelasan disini. Sebab dari kedua penjelasan lainnya, inilah yang menjadi yang tertinggi dari semuanya--meski "Capable" dan "Intelligent" juga adalah kualitas yang sangat penting.

3. Virtuous
Having or showing high moral standards = memiliki atau menunjukkan standar moral yang tinggi
Kita pasti sering mendengar quotes : "Ability gets you to the top, CHARACTER keeps you there." - Kemampuan yang membawamu naik ke puncak, tetapi KARAKTER yang membuatmu tetap berada disana.

Banyak wanita yang sesungguhnya memiliki kepandaian dan daya ingat yang tinggi, mereka juga mampu melakukan multi-tasking (melakukan beberapa pekerjaan sekaligus), mereka mampu mengembangkan diri mereka sendiri di saat yang bersamaan mereka menjadi penolong bagi pasangan mereka, dan masih banyak kekuatan lain yang dimiliki oleh seorang wanita. Tetapi karakter--yaitu karakter ilahi, sangatlah penting!

Tanpa seorang wanita memiliki karakter ilahi, ia akan menjadi wanita yang sombong, perfeksionis, ambisius, tidak bisa menghargai orang lain, egois, dan lain-lain.

Aku teringat pembicaraanku dengan seorang Kakak, yang melihat sisi lain dari sebuah film "The Black Swan". Film ini menceritakan tentang seorang balerina muda yang sangat ingin membawakan peran utama dalam pertunjukan The Swan Lake, yaitu kisah tentang seorang wanita cantik yang diubah menjadi seekor angsa putih oleh penyihir yang jahat, karena ia jatuh cinta kepada Pangeran. Pada akhirnya, penyihir jahat ini menyamar dan menjadi angsa hitam. 

Dalam pertunjukan ini, seorang balerina diharapkan bisa memerankan Angsa Putih dan Angsa Hitam sekaligus. Dan itu bukanlah pekerjaan yang mudah, sebab Angsa Putih menggambarkan kemurnian, kebaikan, kelembutan dan lain-lain, sedangkan Angsa Hitam menggambarkan kelicikan, kejahatan dan lain-lain. 

Dan pemeran utama dalam film ini berusaha untuk terus mengubah dirinya, yang polos dan lembut, untuk bisa menjadi Angsa Hitam. Ia bermimpi untuk menjadi seorang balerina yang sukses. Namun sayangnya, mimpi itulah yang akhirnya malah menjadi obsesi, dan obsesi berujung pada gangguan jiwa.

Dalam obrolanku dengannya, ia mengingatkan aku, "Seharusnya impian diletakkan di kaki Tuhan." :)

Yap, demikianlah seorang wanita...
Ia boleh menjadi seorang wanita yang hebat dalam sekolah, kuliah, bisnis, karier dan lain-lain
Ia bisa menjadi seorang wanita yang multi-talented dan mampu mengerjakan banyak hal sekaligus
Ia bisa menjadi seorang wanita yang sangat pintar dan mampu membuat segala sesuatunya
Namun, jika ia adalah seorang wanita yang tidak bertumbuh, memiliki karakter Kristus...
Ia tidak hanya akan menghancurkan dirinya sendiri
Yang terburuk adalah ia juga akan menjadi wanita yang dapat mengacaukan segala sesuatunya! Karena ambisinya, keegoisannya, kesombongannya, keangkuhannya, emosionalnya, dan lain-lain...

"Banyak wanita telah berbuat baik, tetapi kau MELEBIHI MEREKA SEMUA.
Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi ISTRI YANG TAKUT AKAN TUHAN DIPUJI-PUJI.
Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, BIARLAH PERBUATANNYA MEMUJI DIA DI PINTU-PINTU GERBANG." 
--Ams 31:29-31--

Namun ketika "capability" dan "intelligent" diseimbangkan dengan "virtuous", dengan hati yang takut akan Tuhan, ia akan menjadi seorang wanita yang luar biasa! :)

Bahkan dikatakan, "biarlah perbuatannya memuji dia di pintu-pintu gerbang." Di masa itu, tetua-tetua suatu bangsa sering berkumpul di pintu-pintu gerbang, makanya ada tulisan, "suaminya dikenal di pintu gerbang, kalau ia duduk bersama-sama para tua-tua negeri" (Ams 31:23).

Ia bukan hanya menjadikan nama suaminya menjadi baik di mata umum, ia pun akan dipuji-puji dan suaminya akan begitu membanggakannya. Sehingga akan muncullah pujian yang dikeluarkan di kalimat-kalimat selanjutnya dalam ayat ini...




"Who is he who can find her?"
Di dalam hidupku, inilah yang menjadi kerinduanku. Suatu hari, seseorang yang akan menjadi pasanganku akan berkata, "Terima kasih, Tuhan, telah memberikan wanita ini untuk menjadi penolongku." :)





"Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya." -Ams 12:4

"Tetapi isteri yang berakal budi adalah karunia Tuhan." -Ams 19:14b



Dan bukan hanya itu, bayangkan jika Tuhan sendiri yang berkata, "Betapa berharga dan luar biasanya PutriKU ini, AKU tidak akan membiarkannya bersama dengan seorang pria yang sembarangan!" 

Wanita dalam Amsal 31 dikatakan sedemikian berharganya. Mari kita lihat seberapa berharganya, sambil belajar bahasa Inggris lagi :P

Precious
Menurut Oxford Dictionaries, Precious diartikan sebagai berikut : 
1. Of great value; not to be wasted or treated carelessly = sesuatu yang memiliki nilai yang sangat besar, bukan untuk disia-siakan atau diperlakukan dengan sembarangan
2. Greatly loved or treasured by someone = sangat dicintai atau dihargai oleh seseorang
Itu berarti ketika seseorang atau sesuatu dikatakan Precious, setinggi dan sebesar itulah nilainya. Dan kita tahu, batu permata itu memiliki harga yang sangatlah mahal.

Value
Menurut Oxford Dictionaries, Value diartikan sebagai :  
1. The regard that something is held to deserve = seberapa tinggikah seseorang itu dianggap layak menerima suatu penghargaan
2. The importance or preciousness of something = seberapa penting atau berharganya seseorang

But it looks like a perfect one, huh? :)
Biarlah didikan Tuhan yang memampukan kita menjadi seorang wanita seperti yang Dia mau, dalam hidup kita.




GBU ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar