2012/09/25

Mutiara yang Lebih Besar


Mutiara begitu unik, karena setiap mutiara memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Ada mutiara yang terbentuk lebih besar, cemerlang dengan kualitas yang lebih baik daripada mutiara lainnya. Dan revelation ini aku peroleh saat Mentor-ku mendoakan sesuatu mengenai aku... :)

Tiram di dasar laut ini telah semakin terbiasa dengan pasir-pasir yang masuk dan menumpuk di dalamnya. Dengan cepat zat Nacre akan keluar dan membungkus pasir-pasir itu sehingga terus membentuk mutiara yang sedang terbentuk di dalamnya. Ia mulai bisa nyaman dan tenang menjalani kehidupannya sebagai sebuah tiram. Namun tiba-tiba ombak yang sangat besar menerpa dan membawa pasir yang begitu banyak dan besar sekaligus masuk ke dalam cangkangnya.

Pasir-pasir yang besar dan banyak ini menimbulkan luka baru lagi bagi tiram, bahkan lebih menyakitkan karena sangatlah tidak mudah membungkus semuanya sekaligus. Tetapi hal ini tidak membuat tiram itu berhenti, ia berusaha bertahan dan mengeluarkan lebih banyak zat Nacre dari dalam tubuhnya dan membungkus pasir-pasir itu. Ia terus berjuang untuk bertahan hingga akhirnya pasir-pasir itu berhasil terbungkus.

Hasilnya, dari dalam tubuh tiram itu terbentuk sebuah mutiara yang indah. Namun, mutiara yang ini lebih besar dan memiliki kualitas yang lebih tinggi. Mutiara yang unik dan begitu berharga dihasilkan melalui perjuangan tiram untuk tetap bertahan ketika zat Nacre membungkus pasir-pasir yang besar dan banyak itu.
--------------------------------

Pernahkah di dalam hidupmu, kamu merasakan masa-masa yang begitu berat? Masa-masa yang tidak sampai membuatmu kehilangan kepercayaan kepada Tuhan, tetapi cukup untuk membuatmu berkata, "Aku tidak kuat lagi..." :)

Masa-masa itu bisa dikatakan seperti masa ketika ombak yang besar itu membawa masuk ke dalam tubuh tiram pasir-pasir yang besar dan banyak. Sangat menyakitkan dan begitu sulit untuk bertahan, karena terlalu banyak zat Nacre yang diperlukan untuk membungkus pasir-pasir itu. Namun, di saat itulah tiram akan tetap bertahan.

Seperti seekor burung rajawali, ada masa di dalam hidupnya ketika ia akan mengganti bulu-bulunya yang telah lama. Saat itu, bulu-bulunya akan rontok dari tubuhnya dan itu adalah masa yang sangat kritis di dalam hidupnya. Ia tidak bisa melakukan apa-apa, tidak bisa terbang dan lain-lain. Namun jika ia mampu bertahan di masa itu, bulu-bulunya yang baru akan kembali bertumbuh dan bahkan membuatnya terbang semakin kuat.

Demikianlah di dalam hidup kita, ketika Tuhan mengijinkan badai masalah datang, seakan Ia membawa kita ke padang gurun yang begitu tandus dan sunyi. Saat ia membawa kita, mendidik kita sedemikian rupa. Saat itu terasa begitu sulit dan menyakitkan bagi kita. Namun jangan lupa, seperti zat Nacre yang membungkus pasir itu, AnugerahNya, kasihNya, kekuatan yang datang dari padaNya, yang menguatkan kita. Hingga akhirnya semua yang terjadi di dalam hidup kita itu selesai dan membentuk karakter dan kekuatan kita lebih lagi.

Seperti mutiara yang terbentuk lebih indah, lebih besar dan memiliki kualitas di atas mutiara lainnya, demikianlah saat itu seperti masa percepatan. Kita dipaksa mengalami berkali-kali lipat lebih berat daripada yang biasanya kita alami. Di masa itu, kita mengerti arti dari kita memerlukan Anugrah dan jaminan Tuhan untuk kita dapat tetap bertahan dan percaya akan setiap hal yang Tuhan telah janjikan dan sediakan bagi kita.

Ketika masa itu selesai, itulah yang akan menjadikan kita semakin indah... :)

Menjadi mutiara yang lebih besar dan lebih baik kualitasnya, memiliki karakter yang semakin kuat dan indah di dalam pengharapan kita kepada Tuhan.
GBU ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar